05 April 2007

Apakah Internet Itu ???

Internet / net adalah kumpulan dari jutaan komputer yang terhubung diseluruh dunia, mulai dari PC dirumah-rumah sampai komputer besar diperusaaan-perusahaan yang hanya bisa ditangani oleh pemogram. Siapa saja yang mempunyai komputer yang memenuhi syarat bisa nyambung ke internet dan menjadi jagad virtual ini. Pengguna yang biasa-biasa saja dirumah atau dikantor mungkin hanya perlu melakukan sambungan temporer sementara lembaga yang besar perlu terpasang permanen. Fasilitas Internet ayang paling terkenal, World Wide Web, adalah bagian internet yang relatif baru, sedangkan fungsi seperti mengirim dan menerima email sudah dimanfaatkan orang selama lebih dari 30 tahun.
Benarkah Internet itu berguna ?Fungsi utama Internet adalah medium untuk komunikasi dan pertukaran informasi. Email memungkinkan kita mengirimkan surat dan file jenis lain kepada para pengguna Net. Ada juga "newsgroup' yang memungkinkan orang mendiskusikan beragam hal. Program 'chat' membuat kita bisa berbincang langsung dengan orang dari berbagai belaan dunia secara langsung, seperti telepon namun hanya dalam bentuk tertulis. kecuali dengan menggunakan program lain yg dapat menggunakan webcam dan headset. lalu ada aktivitas sehari-hari yang dapat dilakukan seperti membeli buku atau mencari lowongan keja. Nah nanti kalau sudah sering berselancar di Net, pasti kita akan menjumpai berbagai hal lain. Tetapi ingat, yang kita temukan itu ada yg berguna dan ada juga yang 'sampah '
Asal Mula Internet ?Diera perang dingin tahun 60an, pemerintah Amerika ingin mengembangkan suatu sarana yang memungkinkan saluran komunikasi tetap terbuka jika ada serangan nuklir. Metoda yang ada pada saat itu memerlukan titik-titik tertentu untuk pengiriman pesan serta pusat-pusat. kendali untuk mengelolanya. Jika salah satu titik dibom, keseluruhan jaringan bisa tidak berfungsi. maka Advanced Research Projects Agency (ARPA) datang dengan usulan jaringan komputer 'kedap bom' tanpa harus ada satu pusat kendali. Pada awal 90an, sebagian dari jaringan ARPA itu berubah menjadi Internet yang bisa diakses masyarakat.


0 komentar:

teknologi komputer - Google Warta

KOMPAS Online

Solo Cyber City

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More