05 April 2007

Segalanya tentang chating

Fasilitas lain yang ada di Internet salah satunya adalah Chating. Chating berasal dari kata Chat yang artinya berbincang. Pada awalnya, Chating hanya merupakan percakapan melalui tulisan yang saling berbalas, namun pada perkembangannya, kini chating tidak hanya melalui media biner string (tulisan), namun juga voice dan video (percakapan suara dan tatap muka). Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini melalui web-web tertentu yang menyediakan layanan Chatting atau melalui software tertentu yang khusus didesain untuk chating. Software yang paling popular untuk chating diantaranya adalah Mirc dan Yahoo Messenger.
Chating dengan Mirc
IRC adalah singkatan dari Internet Relay Chat. Pertama kali dibuat oleh Jrakko Oikarnen pada tahun 1988. Sejak pertama dibuat di Firlandia. IRC telah digunakan dibanyak Negara di dunia. IRC adalah system percakapan multi user, dimana orang-orang bertemu pada suatu Channel untuk berbincang. Untuk dapat menggunakan Mirc ikuti langkah-langkah berikut ini. 1. Klik menu Start, Progam, Mirc, Mirc. Atau klik shortcut Mirc pada desktop. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
2. Klik tombol close (x) pada kotak About Mirc untuk melanjutkan. Maka akan muncul tampilan berikut ini :
3. Pada kotak isian Full Name, ketikan nama Anda.
4. Pada kotak isian E-mail Address, ketikan e-mail Anda.
5. Pada kotak isian Nick Name, ketikan nama panggilan Anda. Nama ini nantinya yang akan menjadi nama Anda saat chating. Ingatlah, bahwa ada ratusan bahkan ribuan orang dalam Mirc, jadi bisa jadi nick name yang Anda isikan telah dimiliki oleh orang lain. Jika hal ini terjadi, Anda harus mengganti nick Anda dengan nama yang berbeda dengan unik.
6. Beri tanda centang (cek) pada kotak pilihan Invisibel mode dengan mengklik jika Anda ingin nick name Anda tidak ditampilkan pada daftar user pada channel yang Anda kunjungi nantinya, atau hilangkan tanda centang (cek) jika Anda menginginkan sebaliknya.
7. Pada kotak pilihan IRC Network, pilihan sebuah server yang Anda inginkan. Server yang umum digunakan di Indonesia adalah Dalnet, maka untuk perkenalan Mirc ini kita akan gunakan Dalnet sebagai server.
8. Lalu klik tombol “connect to Irc server” untuk mengkoneksikan Mirc ke server. Tunggu beberapa saat hingga server terkoneksi. Secara default, jika koneksi pada server tercapai, maka akan muncul tampilan berikut ini.
9. Disini Anda akan diminta untuk mengisi atau memilih sebuah channel tempat Anda chat nantinya. Sebagai contoh Anda dapat mengetikan “/j bogor” lalu klik enter untuk masuk pada channel Bogor. Maka akan muncul tampilan berikut ini.
10. Di bagian kanan, Anda dapat melihat sederetan nickname, bahkan nickname Andapun terdapat didalamnya. Deretan nama itulah yang menunjukan bahwa orang-orang yang sedang online/ aktif saat itu.
11. Anda dapat mulai berbincang-bincang dengan satu orang atau lebih dengan mengklik ganda atau kata-kata lain sebagai sapaan, lalu tekan enter untuk mengirim. Tunggu hingga ada balasan. Sambil menunggu, Anda bisa mencoba menyapa yang lainnya. Jika ada jawaban,maka bar channel orang tersebut akan menyala. Anda dapat mengkliknya untuk melihat jawabannya dan melanjutkan perbincangan.
12. Berikut ini singkatan-singkatan yang sering digunakan saat chating.
a. ASL PLS, singkatan dari age status location please, artinya orang tersebut meminta tahun usia, jenis kelamin, dan lokasi Anda.
b. 20 m Bgr artinya orang tersebut berjenis kelamin laki-laki (male) dan berada di Bogor. Untuk jenis kelamin perempuan dapat mengetikan F atau Female.
c. U artinya kamu, U1 artinya kamu duluan, How Are u artinya bagaimana kabar kamu
d. BTW singkatan dari Bay The Way artinya (ngomong-ngomong)
13. GTG artinya going to go (akan pergi) biasanya untuk mengakhiri percakapan.
Chating dengan Yahoo Messenger
Selain dengan Mirc Anda dapat pula memanfaatkan yahoo Messenger untuk chating. Yahoo Messenger adalah software yang disediakan Yahoo untuk chating dan penanganan e-mail. Dengan Yahoo Messenger, chating tidak lagi sekedar menjadi tulisan, namun bisa dengan berbicara langsung (voice), bahkan melihat wajah (video). Untuk dapat memanfaatkan YM, kita harus memiliki user ID terlebih dahulu,namun jika Anda telah memiliki e-mail di Yahoo, maka e-mail tersebutlah yang akan menjadi User ID Anda di Yahoo, maka e-mail tersebutlah yang akan menjadi User ID Anda di Yahoo Messenger. Berikut ini cara memanfaatkan YM untuk chating.
1. Klik ganda icon YM pada desktop. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut.
2. Pada user ID, ketikan user ID Anda (e-mail Anda di Yahoo tanpa @yahoo.com)
3. Pada password, ketikan password e-mail Anda. Lalu klik login untuk masuk. Tunggu beberapa saat untuk YM mengkoneksikan dirinya ke server. Jika terjadi kesalahan saat mengisikan user ID ataupun password, maka akan muncul tampilan sebagai berikut.
4. Tetepi bila koneksi sukses atau user id dan password benar,, maka akan muncul tampilan sebagai berikut
5. Klik ‘chat' untuk masuk pada layanan chating Yahoo. Maka akan tampil kotak join room.
6. Pilih salah satu chat room yang Anda inginkan. Misal Anda memilih ‘Regional' Indonesia. Akan muncul kotak dialog bertuliskan “getting room list from Indonesia” Lalu klik ganda room tersebut, atau klik tombol Go To Room yang ada di kanan bawah kotak join room.
7. Tunggu beberapa saat untuk YM mengkoneksikan dirinya pada chat room tersebut. Jika koneksi sukses akan muncul tampilan sebagai berikut.
8. Klik Chat Now untuk memunculkan chat room dan memulai chating. Maka akan muncul kotak chat room yang Anda tuju.
9. Pada sebelah kanan kotak chat room, terdapat sederetan nama-nama orang yang akan sedang aktif di ruang tersebut. Klik ganda nama orang yang kita inginkan untuk memulai percakapan/chating dengan orang tersebut.


0 komentar:

teknologi komputer - Google Warta

KOMPAS Online

Solo Cyber City

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More